Wiwin : Jangan Mengklaim Diri Kita Pancasilais

68
0
SHARE

Tangsel – Asosiasi Dosen Pancasila Dan Kewarganegaraan(ADPK), pada dasarnya kita bersinergi dengan kelompok sosial terutama untuk menjaga konsistensi Pancasila sejati bagi kehidupan generasi bangsa kedepannya, kata Wiwin Windiantina, SH, MH, Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang, pada awak media di Auditorium Universitas Pamulang Kampus Victor, Tangerang Selatan, Kamis (19/10).

“Implementasi ke mahasiswa tentang Pancasila dengan memberikan contoh seperti saling menghargai, toleransi, dan saling menghormati. Karena, Pancasila sebetulnya sudah menjadi karakter bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Wiwin melanjutkan, didalam Pancasila ada hubungan dengan Tuhan, sesama, dan alam. Kalau sekarang kita tidak perduli dengan Pancasila, intoleransi akan perlahan tumbuh dan satu sama lain tidak ada yang peduli.

“Karena Pancasila itu adalah pengamalan bukan teori. Jadi harus diberikan contoh dalam kehidupan. Dan yang paling penting adalah nilai religius artinya memiliki agama, apapun agamanya itu keyakinan dia,” tuturnya.

Seorang Pancasila, terang Wiwin, tidak bisa dijustifikasi atau mengklaim dirinya sebagai seorang Pancasilais.

Pancasilais sejati dilihat dengan cara-cara dia bagaimana berinteraksi dengan sesama, menghargai orang lain, dan menjalankan ajaran agamanya yang baik. Jadi Pancasilais sejati bukan hanya jargon atau pengakuan dari dirinya.

“Pancasilais sejati bukan teori melainkan pengamalan. Bukan hanya sekedar jargon atau klaim mengatakan dirinya Pancasila,” imbuhnya.

Wiwin menambahkan, sebagai seorang Pancasila bagaimana cara kita menghargai diri kita sebagai bangsa yang notabene dengan berbagai agama dan bersuku.

“Sosialisasi tentang Pancasila ke masyarakat itu perlu. Karena, saat ini masyarakat kita terlihat sangat individualis. Pendidikan Pancasila dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY