Fakultas Hukum UKI Menggelar KuIiah Umum

SHARE

Fakultas Hukum UKI Menggelar KuIiah Umum: “Menimbang-nimbang Calon Pemimpin Bangsa pada Pemilihan Presiden Tahun 2019, Suatu Renungan dari Kampus UKI”

Harianjakarta.com, Jakarta-  Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia menggelar Kuliah Umum pada hari ini di Auditorium Grha William Soeryadjaya, FK UKI, Cawang, Jaktim, dengan narasumber Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Jenderal (Pum). Luhut
Binsar Panjaitan, M.Pd.

Tahun 2019 merupakan tahun politik untuk menyelenggarakan pesta demokrasi oleh seiuruh rakyat Indonesia. Dalam pesta demokrasi tersebut, rakyat akan menentukan sendiri siapa yang menjadi pemimpinnya untuk periode 5 (lima) tahun berikutnya sampai dengan tahun 2024. Sebeium menentukan piIihannya, rakyat harus diberi pendidikan politik yang berimbang dan memadai sehingga dia mampu untuk menentukan pilihannya secara sadar tanpa pengaruh atau tekanan apapun atau, bahkan lepas dari kepentingan-kepentingan tertentu.

Kuiiah Umum kaIi ini merupakan bagian dari pendidikan politik bangsa yang dilakukan meIaIui institusi pendidikan sebagai lembaga formal pendidikan tinggi. Oieh karena itu pernbahasan dan pembicaraan serta diskusi yang berkembang dilakukan secara ilmiah dan akademik yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Pelaksanaan Kuiiah Umum kaIi InI bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan tanggai 10 Nopember. Im‘ menunjukkan bahwa pesta demokrasi tahun 2019 sebagai tahun poiitik harus mampu mencerminkan jiwa-jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme untuk membangun dan menjadikan bangsa dan negara Indonesia sebagaI suatu bangsa dan negara besar dan main.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama FH-UKI menyampaikan terima kasih Vang sebesar-besarnya atas waktu dan kesediaan, yang terhormat Bapak Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Bapak Jendral (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, M.Pd datam memberikan kuliah umum di Kampus UKl. Terima kasih juga kepada seluruh Panitia yang sudah bekerja sedemikan
rupa dalam merancang dan mempersiapkan segala sesuatunya demi terlaksanakanya Kuliah
Umum ini,” kata Hulman Panjaitan, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum UKl.

Dengan Kuliah Umum kali ini diharapkan Fakultas Hukum UKl sebagai bagian dari institusi
pendidikan tinggi secara formal mampu menghasilkan kriteria dan kualifikasi nonnormatif terhadap calon pemimpin bangsa ke depan yang mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan maju. Karena Secara normatif, persyaratan dan kualifikasi untuk calon pemimpin bangsa telah ditetapkan dalam konstitusi atau UUD Tahun 1945 dan peraturan perundangan-undangan tentang Pemilihan Umum.

”Kami berharap kita semua dapat memanfaatkan momentum ini untuk mencari calon pemimpin bangsa yang terbaik,” pungkas Hulman Panjaitan, S.H., M.H. ( Budi Murdani)