Wuiudkan Listrik Berkeadilan Pameran Kelistrikan & IBEA Resmi Dibuka Menteri ESDM

SHARE

Harianjakarta.com,Jakarta –  Ajang Penghargaan Indonesia Best Electricity Awards (lBEA) 2017 kali ketiga resmi digelar. bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta 22-23 November 2017, dengan mengangkat tema “Mewujudkan Energi Berkeadilan dengan Peningkatan Peran Produk Dalam Negerl”.

Event tersebut secara resmi diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lgnasius Jonan. Dalam sambutannya Jonan mengatakan, perkembangan disektor kelistrikan ini sangat pesat, tidak sedikit pemsahaan yang berkecimpung disektor tersebut, tedebih lagi saat ini sedang bergeming program 35.000 Mega Watt (MW).

“Mereka saling berkolaborasi (bersinergi) dengan Pemerintah untuk satu tujuan utama yakni memberikan akses pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan Sila Kelima “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, dengan meningkatkan rasio elektn’fikasi di desa yang berada di pelosok Tanah Air,” ungkap Menteri Jonan, di sela-sela peresmian ajang penghargaan Indonesia Best Electricity Awards (lBEA) 2017, di Hotel Bidakara Jakarta, (22/11/2017).

Menteri Jonan memben‘ apresiasi atas terselenggaranya event di sektor ketenagalistrikan tersebut. Menurutnya kehadiran event ini merupakan suatu langkah yang tepat, sebab banyak hal yang di dapatkan dari perusahan-perusahan disektor kelistn‘kan. Sebagai regulator. Pemerintah terus berupaya meningkatkan rasio elektritikasi dengan melistriki wilayah pesisir dan kepulauan.

Pemerintah memiliki targett pada 2019 mendatang seluruh desa di Tanah Air dapat terlistriki. Akan tetapi Pemerintah tidak berjalan dapat sendin‘ butuh adanya dukungan dan keterlibatan dari para perusahaan di sektor kelistrikan.

Sementara, Ketua Dewan Juri IBEA 2017, Dr lr Tumiran, M.Eng menyatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya event ini terselenggara untuk mendukung kemajuan di sektor ketenagalistrikan agar lebih efisien. “Kita dorong peningkatan untuk lebih etisien seperti independent Power Producer (lPP) atau Power Plant Company; dan mendorong peningkatan kemampuan Enginen‘ng Procurement and Cuntruction (EPC) dalam negen’ kite,” jelasnya.

Pihaknya mendorong peningkatan penggunaan lokal konten, perusahaan-perusahaan di sektor energi. dengan harapan dapat mendukung kemandlrian di sektor tersebut. Leblh dari 100 perusahan atau badan usaha yang berkecimpung di sektor ketenagalistrikan mengikutl event lnl. Dari penllaian dewan jun secara offline terpilih sekitar 87 perusahan yang akan diseleksi kembali oleh para dewan juri secara online, hasilnya sebanyak 47 perusahan terpilih untuk mengikuti sileksi di bidang masing~masmg “Penilaian secara online telal’l terlaksana clan pada 10 November 2017 lalu. bertempat at Hotel JS Luwansa. Jakarta, sebanyak 47 perusahan temilih melakukan persentasl dihadapan para dewan le’l dl masing-masing kategorl.” imbuh Tumiran.

Selain itu. Tumiran mengungkapkan lebih lanjut. Menteri ESDM menginginkan adanya tambahan Special Awards untuk diberikan kepada pembangkit dengan operasional termurah (cost leadership) dan paling hemat bahan baker (SFC/heat rate). Tentunya hal ini menjadi catatan penting bagi perusahaan penghasil listn’k untuk berlomba-lomba melakukan etisiensi dalam siatem operasionalnya.(Budi Murdani).