Pameran Seni ”ArtXFashion”

SHARE
Karya Dita Gambiro. dok. harianjakarta.com

Harianjakarta.com, Jakarta- Indonesia memiliki banyak sekali potensi Sumber Daya Manusia yang berbakat di dunia seni, termasuk seni kontemporer. Martell Cognac sebagai produsen cognac tertua dan terbaik di dunia selalu konsisten dalam mendukung seni modern di negara asalnya, Perancis dan juga Indonesia. Oleh karena itu, di tahun ini, Martell Be Curious kembali dengan pameran seni kontemporer bertajuk “ArtXFashion” dengan tagline ”What You Wear Is (NOT) What You Are; You Are (NOT) What You Wear” yang bertempat di The Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta, Senin ( 27/11).

Setelah sebelumnya Martell bekerjasama dengan banyak galeri seni di Jakarta sebagai tempat penyelanggaraan pameran seni, kali ini, Martell memberikan sentuhan baru dengan mengadakan sebuah pameran seni di pusat perbelanjaan di jantung kota Jakarta. ”Untuk pameran yang ke-11 kali ini, kita ingin tempat yang berbeda dari tempat-tempat sebelumnya. Di samping itu, dengan venue ini kita akan membuat para tamu memiliki perasaan curiousity tentang apa yang akan mereka temui dalam pameran kali ini,” ungkap Bapak Edhi Sumadi selaku Managing Director PT Pernod Ricard Indonesia. Plaza lndonasia juga dipilih karena tempatnya yang sangat strategis dan dapat dijangkau oleh seluruh warga Ibu Kota dari segala penjuru arah.

Ada hal yang berbeda dari pameran seni yang diadakan oieh Martell kali ini. Untuk pertama kalinya, Martell berupaya menggabungkan fashion dan seni agar tercipta sebuah suguhan yang indah dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, baik Itu pecinta fashion maupun seni. Oleh karena itu, Martell menggandeng Rifky Effendy seorang kurator yang telah mengadakan pameran seni tidak hanya di Tanah Air, tapi juga Berlin, Italy, dan New York untuk berkolaborasi dengan enam seniman, yaitu Lie Fhung, Tiarma Sirait, Nurrahmat Widyasena (Ito), Maharani Mancanegara, Dita Gambiro, Sarita lbnoe, Erwin Windu Pranta, Miranti Minggar, dan Geugeut Pangestu, serta tiga fashion designer ternama.

Dengan tema ”ArtXFashion” yang diusung, Martell tetap tidak menghilangkan esensi seni yang sudah mendarah daging sejak 300 tahun berdiri. Martell selalu mendukung kemajuan dunia seni di Indonesia dan selalui ingin menjadi bagian dari Iahirnya inovasi-inovasi baru dari seniman berbakat yang negeri ini miliki, sehingga mereka memiliki tempat untuk memamerkan karyanya ke khalayak ramai dan para pecinta seni. Martell berharap, dengan adanya art and fashion exhibition ini, para seniman-seniman inovatif tersebut mendapatkan perhatian dan pengakuan lebih, tidak hanya di Indonesia dan Asia, tapi juga di mancanegara.

Selama lebih dari 300 tahun, Martell Cognac telah menjadi sebuah simbol bagi perayaan French Art de Vivre yang melambangkan kesenangan, keindahan, serta semangat akan kehidupan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi di dalam keluarga besar Martell Cognac. Keindahan serta seni adalah dua hal yang saling berkaitan erat serta memberikan sentuhan historikal dalam penciptaan setiap botol cognac yang tidak pernah luput dari sentuhan seni yang menawan. Tiga pilar dipilih Martell Cognac sebagai landasan utama mereka, yaitu Art of Craftmanship, Art of Tasting, dan Art of Gastronomy, yang kemudian pilar-pilar ini menjadi ‘darah’ yang akan terus mengalir di setiap tetesnya hingga kini dan masa mendatang. (SR)