Dalam Pencanangan Bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) , BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Menyerahkan Santunan Senilai 900 juta Rupiah

SHARE

Harianjakarta.com , Jakarta  – Dalam Acara Pencanangan Bulan Keselamatan Kerja  ( K3)  pihak BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta menyerahkan santunan senilai Rp 900 juta. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada lima orang pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dan kematian.

Adapun penerima santunan dari BPJS Ketenagakerjaan diantaranya kepada petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) Kelurahan Pela Mampang, Siswanto, sebesar Rp 59,3 juta. Selain itu diberikan juga santunan kepada keluarga almarhum Anwar Sanusi, anggotan PPSU Kelurahan Malaka Jaya sebesar Rp 24 juta. Keduanya mengalami kecelakaan kerja saat menjalankan tugas.

Sementara, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Achmad Hafiz mengatakan, berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan, jumlah kecelakaan kerja telah mengalami penurunan. Pada 2015, telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus. Jumlah itu turun sebesar 4,6 persen pada tahun 2016 menjadi 105.182 kasus. Sampai Agustus 2017, jumlah kecelakaan yang tercatat mencapai 80.392 kasus.

Salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja,” ujarnya.

Pencanangan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi DKI Jakarta telah di resmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S. Uno di proyek PT Waskita Gedung pada pembangunan Equestrian, Pulo Mas, Jakarta Timur.( Budi)