Tinjauan Presiden Jokowi Ke Wisma Atlet Asian Games  :  99,9 % Sudah Selesai , Hanya Perlu Sedikit- Sedikit Di Perbaiki

Harianjakarta.com , Jakarta. -. Pemerintah mengklaim Wisma Atlet untuk Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat, hampir seluruhnya rampung. Wisma yang masa konstruksinya 510 hari itu telah menelan biaya Rp 3,4 triliun.

Presiden Joko Widodo dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono beserta Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 Erick Tohir memantau langsung Wisma Atlet itu pada Senin 26 Februari 2018 sore. Mereka secara khusus memantau tower 3.

“Untuk Wisma Atlet saya melihat sudah 99,9%, alhamdulillah, selesai. Hanya perlu sedikit-sedikit diperbaiki,” kata Jokowi seusai meninjau Wisma Atlet.

Beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki, menurutnya, adalah pepohonan di taman yang berlokasi di tengah-tengah jajaran tower Wisma Atlet. Saat itu, pepohonannya terpantau belum seluruhnya rindang karena baru saja ditanam. Jokowi menginginkan agar pohon yang ditanam adalah pohon yang telah jadi.

“Tadi saya sampaikan mengenai pohon-pohon. Carilah pohon yang besar, pohon yang sudah jadi sehingga saat tamu-tamu datang itu sudah tampak kehijauan,” ujarnya.

Selain itu, sempat ada keluhan dari atlet mancanegara mengenai ukuran tempat tidur yang kurang panjang. Jokowi mengatakan, persoalan itu telah ditindaklanjuti. Telah dipasang stool sepanjang kurang lebih 45 centimeter untuk mengakali atlet yang badannya tinggi.

“(Tempat tidur) tidak ada masalah. Sudah disiapkan,” katanya.

Terkait dengan fasilitas untuk disabilitas, Joko Widodo juga mengatakan persiapannya sudah baik. Dia menuturkan, telah memantau kamar untuk disabilitas dan disebutnya cukup bagus.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Wisma Atlet terdiri dari 10 tower yang berisikan 7.426 unit hunian dengan kapasitas 22.278 orang. Adapun Wisma Atlet ini berdiri di atas lahan seluas 10,6 hektare.

Wisma Atlet dibangun di tanah milik Sekretariat Negara,” ucap Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, Senin (26/2).

Dia menambahkan, Wisma Atlet Kemayoran itu memiliki fasilitas parkir yang dapat menampung 219 bus, 33 minibus, 298 mobil, dan ribuan sepeda motor. Adapun fasilitas parkir tersebut terletak di Blok C3 dan Blok B8 Wisma Kemayoran.

Selain itu, Wisma Atlet Kemayoran juga memiliki fasilitas tempat ibadah, laundry center, minimarket, klinik, taman kanak-kanak, Balai Warga Serba Guna, dan pertokoan. Pun di Wisma Atlet juga terdapat hunian yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas.

“Hunian untuk difable ini ada di 5 tower, yaitu tower 3, tower 4, tower 5, tower 6, dan tower 7. Di sana (Wisma Atlet) juga ada tamannya,” jelas Dadang.

Untuk hunian yang ada di dalam Wisma Atlet, menurut Dadang setara dengan rumah dengan tipe unit 36. Adapun fasilitas yang ada di dalamnya ialah tempat tidur, meja, kursi, gorden, pendingin udara, dan pemanas air.( Budi)