Pemuda Pancasila DKI Jakarta Gelar Acara Mengenang Hari Lahirnya Pancasila Sambil Buka Bersama Dan Santunan

Harianjakarta.com ,Jakarta — Pemuda Pancasila DKI Jakarta Menggelar acara mengenang hari lahirnya Pancasila dibarengi dengan buka  puasa bersama dan pemberian santunan kepada ratusan anak yatim dan dhuafa. bertempat di Markas MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta di Graha Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (1/6) petang,

Hadir dalam kegiatan itu,  Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, Japto Soerjosoemarno ,Ketua MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Thariq Mahmud serta perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Dalam prescon pers Ketua MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Thariq Mahmud mengungkapkan dalam praktik politik dan kenegaraan saat ini, sistem politik Indonesia hanya mempergunakan pancasila sebagai tameng dalam sistem politik, tapi justru hakikat dari pancasila khususnya sila ke-4 yang berbunyi ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan’, justru sudah kehilangan substansinya bahkan musyawarah mufakat sudah digantikan dengan votting.

Maka dari itu, Thariq menyebut pihaknya akan terus berusaha mengembalikan UUD 1945 ke aslinya.

“Kami juga sadari, pancasila sebagai pondasi negara dan pandangan hidup negara sudah di pastikan harus ikut dalam dialektika peradaban dunia. Namun harus tetap tangguh dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang akan terus berkembang dan tak pernah berhenti pada tiap detik dan waktunya,” pungkasnya

Kasdam Jaya, Brigjen Herianto Syahputra yang hadir dalam kesempatan itu menyebutkan, pancasila sejatinya harus menjadi roh sebagai jati diri pribadi bangsa.

“Sebagai dasar negara, pancasila didesain sebagai rujukan bagi segenap warga negara. Namun pemaknaan nilai luhur yang terkandung dalam pancasila kini mulai luntur. Seperti radikalisme yang ada,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibacakan deklarasi bersama sikap Pemuda Pancasila bahwa PP DKI bersama Polri dan TNI yang akan bersama mengamankan Kamtibmas jelang Pileg dan Pilpres 2019.