Stanchart Indonesia Gelar Edukasi Keuangan bagi Anak melalui Video Animasi

Jakarta- Standard Chartered Bank Indonesia (Stanchart Indonesia), gelar edukasi keuangan bagi 25 anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Karet Belakang Barat, kelas 5 dan 6. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program Financial Education for Youth (FE4Y) yang diluncurkan Bank seluruh dunia sejak 2014. Edukasi Finansial merupakan kegiatan inti tanggung jawab sosial Bank kepada masyarakat dimanapun Bank beroperasi, termasuk Indonesia. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian utama dari acara Pop Up FIRST di Atrium Senayan City, Jakarta, dimana Bank memperkenalkan solusi keuangan PremiumFlRST kepada masyarakat luas.

“Sejak 2014, Bank meluncurkan program yang diberi nama Financial Education for Youth (FE4Y) yang bertujuan untuk membeti informasi mengenai pentingnya mengelola keuangan serta mengubah perilaku masyarakat dalam memanfaatkan produk dan jasa keuangan sejak dini,’ ujar Dody Rochadi, Head of Corporate Affairs, Standard Chartered Bank Indonesia.

Program yang ditujukan bagi anak-anak usia 12-20 tahun ini sangat sejalan dengan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendomng literasi keuangan masyarakat Indonesia sejak usia muda.

Kegiatan edukasi keuangan yang dilakukan bertepatan dengan peluncuran produk baru Bank bemama PremiumFlRST di Senayan City ini melibatkan tim relawan yang mempakan karyawan Bank. Selain menggunakan modul edukasi keuangan yang bersifat interaktif dan sangat mendasar, Bank juga memberikan edukasi keuangan melalui video animasi yang diberi tajuk Pay It Forward menggunakan tokoh binatang yang diberi nama Oggie dan Ollie.

Ide pembuatan video ini datang dari tim Standard Chartered Bank Indonesia dan memenangkan penghargaan untuk ide metode edukasi keuangan terbaik dari groub Standard Chartered yang diikuti oleh 61 negara dimana Bank beroperasi di seluruh dunia.

Selain membuat video animasi tahun lalu, Bank juga meluncurkan modul edukasi keuangan bagi penyandang disabilitas tuna netra menggunakan audio.

“Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menabung serta produk – produk keuangan lainnya mempakan komitmen Bank. Kami sangat menyadari, semakin tingginya pemahaman masyarakat terhadap produk-produk keuangan, maka hal tersebut dapat turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. lnilah yang menjadi fokus utama Bank agar dimanapun kami beroperasi. kami dapat mendukung pamerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujar Dody.

Diluncurkan pertama kali di 2013. program Financial Education for Youth (FE4Y) telah berjalan di 15 negara hingga 2017, diantaranya Bangladesh, Gambia, Ghana, India, Indonesia, Nigeria, Kenya, Korea, Pakistan, Philippines, Singapore, Thailand, Uganda, United Arab Emirates and Zambia, Hingga tahun 2016, program ini menjangkau 117.700 anak muda. Di Indonesia sendiri, program ini telah menjangkau 1.208 anak-anak dan anak muda hingga 2018. Kurikulum FE4Y terdiri dari 17 modul, diantaranya tentang pinjaman, pengelolaan keuangan, pendapatan, pengambilan keputusan finansial, dasar-dasar keuangan, simpanan dan investasi, serta teknologi finansial.