GO-JEK SWADAYA, Miliki Tiga Pilar Utama  Untuk Mitra Driver

JAKARTA- GO-JEK SWADAYA telah diikuti lebih dari satu juta penerima manfaat, termasuk mitra driver dan keluarganya di seluruh Indonesia, merupakan program pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver diantaranya pengelolaan keuangan, yang meliputi diskon untuk kebutuhan sehari-hari, cicilan ringan, pemberian akses layanan jasa keuangan seperti perbankan dan asuransi, serta akses terhadap penghasilan tambahan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dalam merancang program-program SWADAYA, GO-JEK senantiasa melakukan survei lapangan serta mengadakan diskusi dua arah untuk mengetahui aspirasi dan kebutuhan utama para mitra driver. Dari hasil temuan Iapangan, dipahami bahwa mitra driver memiliki tiga fokus kebutuhan utama yang meliputi keringanan dalam biaya pengeluaran operasional, proteksi dan perlindungan fmansial, serta perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Dalam peluncuran GO-JEK SWADAYA #HidupLebihRingan, Nila Marita, Chief Corporate Affairs GO-JEK mengatakan, “Lebih dari satu juta mitra driver bergabung dan mencari nafkah untuk dirinya dan keluarga melalui platform yang kami sediakan. Namun membantu mencari nafkah hanyalah separuh dari perjuangan GO-JEK. Sebagai technology enabler, kami terus berupaya mengusahakan para mitra driver untuk dapat meningkatkan kesejahteraan melalui berbagai cara. Melalui GO-JEK SWADAYA, kami secara proaktif bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta untuk menyediakan berbagai akses yang dibutuhkan mulai dari diskon kebutuhan sehari-hari, layanan jasa keuangan seperti perbankan dan asuransi, hingga cicilan ringan.”

GO-JEK SWADAYA, lanjut Nila, saat ini telah diikuti lebih dari satu juta penerima manfaat, termasuk mitra driver dan keluarganya di seluruh Indonesia. “GO-JEK SWADAYA memiliki berbagai program tepat sasaran yang dapat menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan yang berdampak positif agar mitra driver bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya.”

Tiga Pilar Fokus GO-JEK SWADAYA: ‘Ringankan, Undungi dan Rencanakan”

Tiga pilar utama GO-JEK SWADAYA berfokus pada tiga hal, yaitu program-program yang dapat meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, program yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Lebih Ianjut Jaka Wiradisuria, Vice President Drive: Community GO-JEK menjelaskan tiap bulannya mitra driver menghabiskan sekitar Rp 150.000 untuk biaya pulsa dan Rp 400.000 untuk biaya perawatan kendaraan. ”Di pilar Ringankan, GO-JEK memiliki fokus untuk membantu menekan pengeluaran operasional sehari-hari mitra driver seperti pulsa, perawatan kendaraan hingga biaya makan. Hal ini dilakukan antara lain melalui kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel dan Indosat untuk menghemat biaya pulsa, serta kerja sama dengan bengkel seperti Shop and Drive untuk memberikan potongan khusus hingga separuh harga bagi para mitra driver.”

Mengupayakan #HidupLebihRingan melalui pilar Lindungi, GO-JEK SWADAYA juga memberikan akses kepada proteksi finansial, mulai dari asuransi kesehatan on-trip dan off-trip bagi mitra dan keluarga melalui kerja sama dengan Allianz, jaminan barang pribadi dan perlindungan kecelakaan melalui kerja sama dengan Pasar Polis, serta jaminan hari tua melalui kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, pilar Rencanakan hadir untuk memberikan rasa aman bagi mitra driver dan keluarga melalui akses perencanaan keuangan jangka panjang. GO-JEK bekerja sama dengan industri perbankan seperti BTN untuk cicilan KPR, BNI dan BNI Syariah untuk tabungan pendidikan dan tabungan umroh, serta Bank Permata Syariah untuk tabungan haji. Selain itu kami juga memberikan akses cicilan motor bagi mitra driver. Sekarang sudah Iebih dari 400 mitra driver telah melakukan serah terima kunci lewat cicilan KPR BTN dan Iebih dari 1.000 mitra driver telah menggunakan motor hasil cicilan bersama GO-JEK SWADAYA.”

Di kesempatan yang sama Jaka turut menyampaikan, “Melalui pilar Rencanakan, kami juga berupaya untuk membantu kebutuhan keluarga mitra driver, khususnya anak yang akan kembali masuk sekolah. Salah satu pilot program yang akan kami laksanakan di Jakarta adalah memberikan angsuran laptop dengan harga terjangkau kepada mitra driver terpilih. Di sini kami didukung dan bekerja sama dengan Lenovo dan JD.ID.”

Jaka mengatakan kedepannya GO-JEK akan terus melakukan kerja sama yang berkelanjutan dengan pemerintah maupun swasta, demi mengusahakan pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra driver.

Untuk mempermudah para mitra driver menjangkau program ini, GO-JEK mengeluarkan inovasi lewat aplikasi mitra driver dengan menambahkan fitur SWADAYA. “Di fitur ini, mitra GO-JEK dapat mengetahui program-program yang disediakan berikut dengan penjelasan, bahka mitra dapat Iangsung mendaftar untuk menikmati program yang ada. Semuanya dalam genggaman, dapat diakses kapan saja, dimana saja mitra berada, dan diciptakan khusus bagi mitra GO-JEK,” tutup Jaka.