Portal TopKarir.com Menyerap Tenaga Kerja Anak Muda Indonesia dalam Sektor Usaha Kecil dan Menengah

Situs portal web pencari kerja TopKarir.com merupakan startup yang diakselerasi oleh GK- Plug and Play Indonesia.

HarianJakarta.com, Jakarta- TopKarir Indonesia telah bekerjasama secara resmi dengan para stakeholder yaitu pihak Pemerintah salah satunya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dan beberapa grup perusahaan besar diantaranya Sinarmas Grup, Triputra Grup, Garuda Food, Salim Grup, Djarum Grup, Wings Grup, Agung sedayu Grup, Rajawali Grup.

Dalam hal ini untuk menghadapi revolusi industri 4.0 telah dilakukan penandatangan program BERDAYA (Berdaya.topkarir.com) untuk bekerjasama mendukung karir anak muda Indonesia di Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Selasa (13/10/2018).

Dalam sambutannya Harianto. S.sos MM, Asisten Deputi Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menjelaskan, sekarang dengan era digital khususnya anak muda agar lebih bisa memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan produksi, pemasaran dari perubahan- perubahan di saat ini.

“Tentu ini kegiatan yang harus kita dukung, bagaimana kita harus sama sama bersinergi, dan Kementerian Koperasi melakukan kegiatan pada sisi regulasi,” kata Harianto.

Menurut Bayu Janitra Wirjoatmodjo, CEO PT Top Karir Indonesia sekaligus Co-founder, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) merilis tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia pada tahun 2018 mencapai sedikit peningkatan, dan angka sekarang menyentuh 7 juta orang, ironisnya dari 11,25%  atau kurang lebih 1,73 juta orang di kontribusi oleh lulusan SMK. Untuk membantu mengatasi isu ketenagakerjaan di Indonesia, melalui TopKarir Indonesia hadir sejak tahun 2015, yang didirikan oleh Bayu bersama Andy F. Noya (Host Kick Andy), Billy Boen (Founder Young On Top), dan Diana Tanu Chief Operating Offlcer PT Top Karir Indonesia saat ini menangani lebih dari 800 ribu SMK dan juga telah banyak membantu para pemberi kerja (employer) yang telah menggunakan TopKarir khususnya UKM untuk memilki karyawan yang berkompetensi baik.

TopKarir menawarkan perbedaan dari situs yang sejenisnya yaitu selain segmentasi anak muda, dan juga ada lima pilar yang pasti para ‘sahabat’ (sebutan pencari kerja) mendapatkan pengembangan karir yang meliputi informasi magang, lowongan pekerjaan, pelatihan dan sertifikasi, beasiswa, tips karir dan kewirausahaan.

“Memang diluaran sana banyak platform pencarian kerja, tetapi yang fokus untuk pengembangan karir terhadap tenaga kerja anak muda Indonesia berusia mulai dari 18 – 29 tahun dipastikan hanya ada di TopKarir.com,” ujar Bayu Janitra Wirjoatmodjo.

TopKarir juga melakukan langkah kongkrit untuk membantu anak muda Indonesia dengan mengadakan program Job Fair TopKarir Expo pada tanggal 16-17 November 2018, yang akan melibatkan 60 perusahaan, dan ribuan lowongan pekerjaan.

Acara ini nantinya akan dihadiri oleh Bapak Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Selain itu TopKarir juga akan hadir di program talk show Kick Andy dengan tema “Pemilik Masa Depan” Jumat, 16 November 2018, pukul 19:30 WIB di Metro TV.  (SR)